Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibebaskan Setelah 19 Bulan Disekap

Kompas.com - 02/12/2012, 23:15 WIB
Pieter P Gero

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — Empat warga Korea Selatan yang disekap perompak Somalia sejak April 2011 akhirnya dibebaskan dengan uang tebusan. Kementerian Luar Negeri Korea Selatan di Seoul, Minggu (2/12/2012), menegaskan, empat awak tanker minyak kelapa sawit ini dibebaskan dan segera pulang ke Korsel.

Empat warga Korsel ini merupakan bagian dari 25 awak tanker minyak kelapa sawit yang dibajak perompak di lepas pantai Kenya, Afrika barat, pada April 2011. Perompak kemudian melepaskan tanker beserta 21 awak lainnya pada akhir tahun 2011, tetapi tetap menyandera empat warga Korsel ini.

Pihak Kemenlu Korsel menegaskan, empat warga Korsel ini dibebaskan hari Sabtu setelah pemilik tanker yang bermarkas di Singapura ini membayar sejumlah uang tebusan. Pihak Kemenlu Korsel menolak mengungkapkan berapa besar uang tebusan yang diberikan pemilik tanker Glory Ship Management Pte Ltd ini.

Begitu dibebaskan, sebuah kapal perang Korsel segera menjemput empat warga Korsel tadi dan membawanya ke sebuah lokasi yang aman. Dari sana, empat awak tanker ini bisa terbang ke Seoul dan berkumpul kembali dengan keluarganya setelah 19 bulan disekap perompak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com