Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Tuduh Norquist Pemimpin Republikan

Kompas.com - 30/11/2012, 11:40 WIB
Simon Saragih

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Ketua Senat AS Harry Raid (Demokrat) mengecam habis Grover Norquist. Tokoh anti-pajak AS ini dia nilai punya pengaruh besar bagi para caleg Partai Republik.

Raid sampai menuding Norquist adalah pemimpin de facto Partai Republik. Norquist amat menentukan bagi terpilih tidaknya para caleg Partai Republik saat pemilu. Hingga pada hari Kamis (29/11/2012), Presiden AS Barack Obama kesulitan mencapai kesepakatan dengan kubu Republikan soal kenaikan pajak untuk mengatasi defisit anggaran negara AS.

Ketua DPR AS John Boehner berkelit dengan mengatakan bahwa Gedung Putih tidak mau berkompromi. Boehner mengatakan, pemajakan warga akan merugikan ekonomi walau para ekonom mengatakan hal sebaliknya. Kalimat Boehner ini mirip dengan kalimat Norquist dalam setiap wawancara denan berbagai media besar AS. Adalah Norquist sebenarnya yang berada di balik semua itu.

Dalam wawancara di televisi CBS pada 18 November lalu, pewawancara CBS, Steve Kroft, mengatakan, Norquist adalah penentu bagi Republikan. Hal itu langsung dia tanyakan kepada Norquist. Norquist menjawab bahwa Republikan tunduk kepada para warga pemilih, bukan kepada dirinya.

Akan tetapi, dalam wawancara itu Norquist menunjukkan beberapa anggota parlemen dari Partai Republik yang terjungkal dalam pemilu jika mengingkari janjinya, yakni jika mengusulkan kenaikan pajak. Sumpah Partai Republik adalah menolak selamanya kenaikan pajak.

Norquist adalah orang yang pernah diminta almarhum mantan Presiden AS Ronald Reagan untuk gencar menolak kenaikan pajak. Namun, pengaruh Reagan ini berlangsung terus hingga sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com