Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Abstain dalam Pemungutan Suara Status Palestina

Kompas.com - 27/11/2012, 10:22 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com — Australia akan abstain dalam pemungutan suara Majelis Umum PBB hari Kamis berkenaan dengan status Palestina.

Menurut laporan kantor berita Australia, AAP, mengutip sumber pemerintahan di Canberra, Australia tidak akan mendukung ataupun menolak upaya Palestina meningkatkan status di PBB. Posisi ini diperkirakan akan membuat marah Israel, yang sebelumnya sudah mengharapkan Australia akan mendukung suara Amerika Serikat yang menentang resolusi tersebut.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, resolusi yang diusulkan oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas adalah untuk meningkatkan status Palestina sekarang ini dari kategori pengamat menjadi negara bukan anggota. Langkah ini diambil menyusul kegagalan Palestina tahun lalu menjadi anggota penuh dan juga menyusul konflik kekerasan yang terjadi antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza baru-baru ini.

Resolusi ini diperkirakan akan mendapatkan dukungan mayoritas di Majelis Umum, di mana tidak ada sistem veto. Perdana Menteri Julia Gillard semula akan memberikan suara menentang resolusi, tetapi dalam pertemuan kaukus Partai Buruh, Selasa (27/12/2012), akhirnya mendukung suara abstain. Ini disebabkan karena begitu banyak perbedaan suara di kalangan menteri ataupun anggota parlemen di dalam Partai Buruh.

Namun, Gillard menegaskan mendukung solusi dua negara di kawasan konflik tersebut. Sementara itu juru bicara urusan luar negeri kelompok oposisi, Julie Bishop, mengatakan, apabila resolusi Palestina ini berhasil disahkan, tidak akan "membantu" perundingan perdamaian antara Israel dan Palestina.

"Kami berpendapat bahwa kedua pihak harus kembali ke meja perundingan dan mencari solusi dua negara. Posisi kami belum berubah." kata Bishop. Sementara itu, pemimpin partai ketiga terbesar di Australia, Partai Hijau, Christine Milne, sebelumnya mengatakan, dia berharap Australia akan memberikan suara mendukung Palestina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com