Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertempuran Kembali Pecah di Kongo

Kompas.com - 23/11/2012, 11:39 WIB

KINSHASA, KOMPAS.com — Pertempuran kembali berkecamuk di Kongo, Kamis (22/11/2012) waktu setempat, setelah pasukan pemberontak M23 menolak seruan internasional agar menarik diri dari kota Goma yang mereka kuasai saat ini.

Di tengah kabar kembali berkecamuknya baku tembak, Presiden Kongo Joseph Kabila memecat Panglima Angkatan Darat Jenderal Gabriel Amisi setelah dituduh PBB mendalangi penyelundupan senjata yang memasok pemberontak Kongo dan kelompok lain.

Juru bicara Pemerintah Kongo, Lambert Mende, mengatakan, pemberhentian itu baru bersifat sementara sambil menunggu hasil investigasi menyeluruh kasus ini.

Pemecatan Jenderal Amisi ini dilakukan dua hari setelah angkatan darat negeri itu mengalami kekalahan memalukan saat pemberontak M23 memukul mundur mereka dari kota Goma.

Sementara itu, pemimpin politik pemberontak M23 menegaskan tidak akan mundur dari kota Goma, kecuali Presiden Kabila bersedia melakukan pembicaraan damai.

"Harus ada dialog dengan Presiden Kabila," kata pemimpin politik M23, Jean-Marie Runiga, kepada AFP melalui pesawat telepon, sebelum bertolak ke Uganda untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Yoweri Museveni.

Presiden Uganda telah menyerukan pembicaraan antara Presiden Kabila dan Presiden Rwanda Paul Kagame di Kampala. PBB menduga Uganda dan Rwanda mendukung pemberontak M23, tudingan ini dibantah tegas kedua negara.

Kewaspadaan dunia internasional atas kemungkinan konflik bersenjata baru di Afrika Tengah muncul setelah pemberontak yang beranggotakan sebagian besar etnis Tutsi menguasai Goma, kota kaya mineral di wilayah Kivu Utara, Kongo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com