Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan untuk Yunani Gagal Disepakati

Kompas.com - 21/11/2012, 15:59 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Menteri Keuangan dari negara-negara yang tergabung dalam zona Euro gagal mencapai kesepakatan untuk memotong bantuan keuangan terhadap Yunani.

Setelah melakukan pembicaraan selama 12 jam di Brusel, Belgia Kelompok Eropa atau Eurogroup -kelompok menteri keuangan negara Eropa dengan mata uang Euro- mengatakan telah mencapai kemajuan dalam menyusun paket pengurangan utang negara yang ditanggung oleh Yunani.

Namun mereka mengatakan masih membutuhkan waktu lebih banyak lagi guna menyelesaikan aspek teknis pengurangannya.

Kepala Kelompok Eropa, Jean-Claude Juncker mengatakan mereka akan melakukan pertemuan kembali pada hari Senin pekan depan.

Sebelumnya Yunani membutuhkan pemotongan lanjutan terhadap bantuan keuangan untuk menghindari kebangkrutan. 

Kontrol utang

Menteri Keuangan yang tergabung dalam negara zona Euro telah mempertimbangkan untuk mengurangi utang negara Yunani yang diproyeksikan meningkat hingga 189 persen dari pendapat kotor dalam negeri, PDB Yunani pada tahun depan.

Sementara program bantuan keuangan yang diberikan kepada Yunani sendiri bertujuan untuk mengurangi utang mereka hinga setidaknya 120 persen dari PDB negara itu pada tahun 2020 nanti.

"Kelompok Eropa telah melakukan diskusi yang luas dan telah membuat kemajuan dalam mengindentifikasi inisiatif yang kredibel untuk pemberian paket konsisten yang akan memberikan kontribusi mendasar terhadap untuk mengontrol utang pemerintah Yunani," kata Jean-Claude Juncker dalam pernyataannya.

Sejauh ini Yunani telah menerima dana bantuan hampir 149 miliar euro dari negara zona eropa dan Dana Moneter Internasional, IMF.

Jumlah ini diluar dari bantuan sebelumnya yang mencapai hingga 240 miliar euro,

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com