Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hun Sen Pun Menangis Bangga

Kompas.com - 20/11/2012, 23:20 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Pemimpin Kamboja, Hun Sen hari Selasa (20/11/2012) sebagaimana dilaporkan kantor berita AP, menangis saat dia menyatakan sangat bangga bahwa negerinya yang kecil ini bisa menjadi tuan rumah dari pertemuan tingkat tinggi para pemimpin 10 negara ASEAN serta enam negara mitra ASEAN yakni Amerika Serikat, Australia-Selandia Baru, China, India, Jepang, dan Korea Selatan. KTT ASEAN berakhir hari Selasa kemarin.

Phnom Penh menjadi tuan rumah dengan kehadiran para pemimpin dari 10 negara ASEAN serta dihadiri delapan kepala negara dunia termasuk Presiden AS Barack Obama. Dan Hun Sen yang pernah menjadi pemimpin kelompok perlawanan Kamboja ini pun tak bisa menahan tangis bangganya.

"Saya minta maaf karena tak bisa menahan air mata saya," ujarnya dalam jumpa pers yang dihadiri sejumlah besar wartawan. Dia juga mohon maaf karena terlalu emosi menjawab pertanyaan yang ada.

Hun Sen juga semakin terharu saat mengatakan bahwa dia sangat menyesal karena Raja Norodom Sihanouk dari Kamboja yang meninggal dunia pada 15 Oktober lalu pada usia 89 tahun, tidak sempat melihat bagaimana negara ini bisa menyelenggarakan sebuah peristriwa internasional seperti ini.

Hun Sen memang sering emosional di depan publik, sekalipun juga dia kadang bisa marah. Pemimpin geriyalwan Kamboja ini pernah menangis ketika dia teringat pada sejumlah teman dekat semasa perjuangan pembebasan Kamboja dan keluarganya yang meninggal dunia. Dia juga marah besar kalau ada yang merendahkan negerinya kamboja. Hun Sen terlihat begitu sedih ketika Raja Norodom Sihanouk meninggal dunia lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com