Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Sambut Pembekuan Pajak Karbon

Kompas.com - 15/11/2012, 11:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - China melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Hong Ley menyambut baik kemungkinan pembekuan pajak emisi karbon penerbangan oleh Uni Eropa (UE). Menurut warta Xinhua, kemarin, Komisi UE dalam minggu ini mengajukan pembekuan pajak emisi untuk penerbangan non-Eropa yang melintas di atas wilayah UE. Masa pembekuan selama setahun. Sementara itu, penerbangan asal UE di dalam wilayah UE tetap dikenakan pajak.

Dalam Skema Perdagangan Emisi Eropa atau ETS, seluruh penerbangan yang melintasi wilayah udara UE harus membayar pajak sebesar 15 persen dari total emisi karbon mereka pada 2012. Lantaran kebijakan itu, silang sengketa merebak di antara maskapai-maskapai penerbangan.

Menurut Hong Ley, China mendesak komunitas internasional mengambil persoalan emisi melalui mekanisme sebagaimana Konvensi Kerangka Kerja PBB untuk Perubahan Iklim. Komisioner Iklim UE Connie Hedegaard, sementara itu, mengatakan dirinya setuju untuk menunda penerapan pajak tersebut. "Saya akan mengupayakan cara-cara lain untuk menuntaskan masalah emisi penerbangan ini," katanya.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com