Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghuni Kamp Auschwitz Meninggal di Usia 108 Tahun

Kompas.com - 22/10/2012, 23:29 WIB
Pieter P Gero

Penulis

WARSAWA, KOMPAS.com Mantan tahanan Nazi Jerman di kamp pembantaian Auschwitz, Polandia, Antoni Dobrowolski, meninggal dunia pada hari Minggu di usia 108 tahun.

Antoni yang meninggal di Debno, kota di barat laut Polandia, tercatat resmi sebagai mantan penghuni kamp Auschwitz tertua yang lolos dari kematian kekejaman Nazi Jerman.

Jaroslaw Mensfeltt, juru bicara museum Auschwitz-Birkenau, Senin (22/10/2012), sebagaimana dikutip kantor berita AP, melaporkan, Antoni yang juga guru di Polandia ini ditahan pasukan Gestapo, Nazi Jerman, dan dikirim ke Auschwitz tahun 1942. Dia ditahan karena melakukan pengajaran secara diam-diam.

Nazi Jerman yang menginvasi Polandia tahun 1939 melarang dilakukan pendidikan dasar lebih dari empat tahun. Kebijakan ini sebagai bagian dari upaya mereka mengenyahkan kebudayaan dan tingkat intelegensia warga Polandia.

Antoni Dobrowolski dari kamp Auschwitz kemudian dipindahkan ke kamp konsentrasi Gross-Rosen dan Sachsenhausen, sebelum dibebaskan tahun 1945.

Jerman membunuh 1,1 juta manusia di kamp pembantaian Auschwitz, dan sebagian besar para korban tadi adalah Yahudi. Namun, banyak juga warga Polandia bukan Yahudi dan warga dari Eropa lainnya yang tewas dibunuh di kamp Auschwitz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com