Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Induk AS Berlayar di Laut China Selatan

Kompas.com - 21/10/2012, 08:31 WIB

USS GEORGE WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat mengirimkan kapal induk dan sejumlah kapal pendukung ke Laut Cina Selatan sebagai bentuk dukungan kepada Vietnam yang terlibat sengketa wilayah dengan China.

Kapten kapal induk USS George Washington mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa misi bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan Vietnam.

Selain itu misi pelayaran bertujuan untuk memastikan Amerika Serikat bisa menggunakan jalur di wilayah perairan yang disengketakan. "Tujuan kami adalah membuat negara-negara di kawasan mengatasi ketegangan ... dengan cara mereka sendiri. Peran kami sampai tahap ini adalah menerapkan kebebasan bernavigasi di perairan internasional," kata Kapten Gregory Fenton seperti dikutip kantor berita AP pada Sabtu (20/10).

Para pejabat militer dan pemerintah Vietnam diterbangkan ke kapal induk USS George Washington. Hal ini menunjukkan berkembangnya hubungan militer kedua negara yang bermusuhan di masa perang sebelumnya.

Dimensi baru

Beberapa wartawan juga diundang untuk menyaksikan kebolehan militer Amerika Serikat. Negara-negara tetangga China, antara lain Vietnam, Filipina dan Jepang mencari dukungan dari Amerika Serikat terkait dengan sengketa wilayah.

Ketegangan di kawasan meningkat menyusul sengketa wilayah.  China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Vietnam, Filipina dan beberapa negara di Asia mengklaim sebagian wilayah perairan.

Sengketa ini menjadi perhatian internasional pada akhir tahun 1990-an ketika hasil survei menunjukkan kemungkinan adanya cadangan minyak dalam jumlah besar di kawasan.

Persaingan antara Amerika Serikat dan China memberikan dimensi baru dalam sengketa ini selama beberapa tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com