Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang dan AS Batal Latihan Perang

Kompas.com - 20/10/2012, 16:04 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Jepang dan Amerika Serikat (AS) akhirnya batal melakukan latihan perang yang berfokus merebut pulau kecil dari pasukan asing. Perhelatan itu sendiri memang berkait dengan memanasnya hubungan Jepang dengan China.

Menurut warta AP pada Sabtu (20/10/2012), pemerintah Jepang menilai latihan itu bisa memicu kemarahan China. Padahal, pulau yang digunakan untuk berlatih tidak merupakan bagian dari pulau sengketa antara kedua negara.

Menurut laporan-laporan media Jepang sebelumnya, pelatihan itu merupakan bagian manuver Jepang-AS yang lebih luas yang menurut rencana akan dimulai awal November.
   
Pelatihan itu dilakukan di satu pulau yang tidak berpenduduk, Irisunajima, dekat pulau utama Okinawa Jepang selatan. Pelatihan akan melibatkan pasukan Jepang dan AS. Kedua pasukan akan melakukan pendaratan ampibi dan angkatan udara, kata laporan-laporan.
   
Seperti halnya dengan pulau-pulau yang disengketakan, Irisunajima juga terletak di Laut China Timur tetapi ratusan kilometer jauhnya dari kepulauan yang jadi pusat sengketa antara China dan Jepang.
   
Jepang dan China telah terlibat sengketa menyangkut kedaulatan  atas  pulau-pulau yang dikenal di Jepang dengan nama Senkaku dan China menamakanannya Diaoyu.
   
Gugusan pulau yang diperintah Tokyo itu tidak berpenduduk, tetapi diperkirakan memiliki sumber alam yang berharga, seperti minyak.
   
Sengketa itu meletus Agustus dan September dengan para warga kedua pihak datang ke lokasi itu dan kemudian Jepang menasionalisasi beberapa pulau dari gugusan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com