Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba Buka Pintu Pesawat, Pria Ukraina Ditahan

Kompas.com - 17/10/2012, 12:35 WIB

SALT LAKE CITY, KOMPAS.com — Entah mimpi apa yang dialami seorang warga Ukraina, Anatoliy N Baranovich, di dalam pesawat Delta Air Lines penerbangan Boston menuju Salt Lake City, Senin (15/10/2012) malam waktu setempat.

Saat pesawat tengah mengurangi ketinggiannya dalam persiapan mendarat, Anatoliy tiba-tiba terbangun, lalu berlari di lorong antara tempat duduk penumpang sambil berteriak-teriak dalam bahasa Rusia.

Tak hanya itu, Anatoliy berusaha membuka pintu darurat pesawat terbang, tepat ketika pesawat mulai menyentuh landasan. Kontan saja para kru dan pramugari mencegah Anatoly melakukan tindakan berbahaya itu.

Sejumlah penumpang kemudian membantu kru pesawat dan mereka bergulat, menjatuhkan Anatoly yang mencoba membuka pintu darurat lain. Akhirnya seorang penumpang berhasil melumpuhkannya dan menahannya hingga pesawat berhenti. Begitu pesawat berhenti, aparat keamanan langsung mengamankan pria Ukraina itu.

Kepada agen FBI yang menanganinya, Anatoliy mengatakan bahwa dia baru saja mengunjungi keluarga di Ukraina. Dia kini sedang menuju ke Portland, Oregon, setelah singgah dulu di Salt Lake City.

Kepada agen FBI, Anatoliy mengatakan, ia berteriak-teriak karena melihat sayap pesawat terbang tengah terbakar. Dia ingin memperingatkan bahaya itu kepada penumpang lainnya. Itulah sebabnya dia juga ingin membuka pintu darurat.

Namun, Anatoliy juga mengaku bahwa dia selalu mengonsumsi alkohol saat bepergian menggunakan pesawat terbang. Namun, dia tidak memberi tahu seberapa banyak alkohol yang ditenggaknya dalam perjalanan kali ini.

Aparat keamanan tampaknya tak percaya dengan pengakuan Anatoliy sehingga, meskipun diyakini tidak terkait organisasi teroris mana pun, dia tetap harus menghadiri sidang di Salt Lake City, yang dijadwalkan pada Rabu (17/10/2012) waktu setempat untuk mempertanggungjawabkan aksi konyolnya, yang menyebabkan pintu darurat pesawat milik Delta Air Lines itu macet dan rusak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com