Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Picasso dan Monets Digondol Pencuri

Kompas.com - 16/10/2012, 23:17 WIB
Pieter P Gero

Penulis

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Pencuri membobol museum di Amsterdam, Belanda, Selasa (16/10/2012), dan menggondol lukisan mahal karya Picasso, Monet, Gaugui, dan Matisse yang diduga bernilai ratusan juta euro.

Kantor berita AP mengutip polisi Belanda yang mengemukakan sejauh ini polisi belum bisa memastikan keberadaan para pencuri dan barang-barang mahal tadi. Namun, para ahli lukisan menegaskan, para pencuri ini jelas pakar dan tahu persis apa lukisan yang pantas digondol.

"Para pencuri tahu apa yang berharga," ujar Chris Marinelloi, ahli menyangkut barang-barang seni.

Museum Kunsthal merupakan satu yang terbesar di Belanda dalam menghimpun lukisan karya pelukis terkemuka di Eropa. Lukisan yang diambil adalah koleksi Triton Foundation yang pertama kali dipamerkan kepada publik.

Pameran ini berkenaan dengan peringatan 20 tahun museum ini.

Polisi yang menyelidiki rekaman kamera museum memperkirakan pencurian ini berlangsung pukul 3 pagi waktu setempat. Sejumlah saksi mata kini dipanggil untuk dimintai keterangan.

Nilai lukisan yang hilang ini diperkirakan mencapai ratusan juta euro jika dijual secara resmi di tempat pelelangan. Semua lukisan ini jelas tidak akan diperjualbelikan secara terbuka karena sudah dicatat sebagai barang curian. Para pencuri kini akan menggunakan lukisan ini untuk meminta tebusan kepada pemiliknya atau kepada museum dan perusahaan asuransi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com