Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanya Pizza Favorit Capres, Gratis Pizza 30 Tahun

Kompas.com - 16/10/2012, 06:50 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pizza Hut terpaksa mengubah format lombanya yang menantang warga untuk menanyakan "sosis atau pepperoni" pada debat calon presiden AS yang digelar Selasa (16/10/2012).

Namun, setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan, jaringan restoran itu mengubah kontes tersebut menjadi online, di mana peserta dipilih secara acak untuk mendapatkan pizza seumur hidup.

Pizza Hut menawarkan hadiah—satu loyang pizza setiap minggu selama 30 tahun atau cek senilai 15.600 dollar AS—bagi siapa pun yang bertanya kepada Presiden Barack Obama atau Mitt Romney soal topping favorit mereka dalam debat presiden.

Namun, berbagai blog dan media mengecamnya karena dianggap mencari keuntungan di tengah ajang pilpres.

Juru bicara Pizza Hut Doug Terfehr mengatakan, sebagian besar masukan yang diterima perusahaan itu bernada positif. Dikatakannya, memindahkan lomba itu secara online merupakan "kemajuan alami dari kampanye" setelah orang-orang menyambut ide itu dan "berharap bisa berpartisipasi".

Dikatakannya, Pizza Hut tetap akan memberi hadiah bagi yang menanyakan hal itu dalam debat tersebut, tetapi tetap mendorong warga untuk memilih berpartisipasi dalam versi online. Dalam lomba versi online itu, peserta diminta memasukkan alamat e-mail dan kode pos yang berlaku.

Ini bukan satu-satunya kontes yang digelar untuk "memeriahkan" pelaksanaan pilpres AS, menurut USA Today. Maskapai JetBlue, misalnya, membagikan tiket gratis kepada pemilih yang kandidat pilihannya kalah. Sementara itu, eBay melelang boneka Obama dan Romney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com