Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uskup Katolik Cile Mundur karena Tuduhan Pedofilia

Kompas.com - 10/10/2012, 14:25 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com — Seorang uskup Katolik Roma di Cile yang dituduh pedofilia akhirnya mengundurkan diri. Uskup itu, Marco Antonio Ordenes, mengatakan dirinya tidak ingin persoalan pribadinya mempengaruhi Gereja.

Ordenes, yang menjabat sebagai uskup di kota Iquique, dituduh terlibat tindakan yang bersifat seksual dengan seorang putra altar.

Gereja Katolik Cile kini menyelidiki kasus itu.

Uskup itu menyangkal tuduhan yang dilontarkan seorang mantan putra altar tersebut, yang berusia 15 tahun ketika peristiwa itu dituduhkan terjadi.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan harian Cile, La Tercera, sebagaimana dikutip BBC, Selasa (9/10), uskup berusia 47 tahun itu mengaku telah terlibat suatu "tindakan ceroboh". Dia mengatakan, anak itu tidak berada di bawah umur ketika peristiwa tersebut terjadi.

"Tuhan saksi saya, saya selalu berusaha untuk melayani tanpa pamrih. Sering kali saya keliru tetapi saya tidak pernah berniat menyakiti, menyinggung atau memanipulasi orang," kata uskup itu.

Alejandro Goic, yang bertindak sebagai kepala Konferensi Uskup Cile, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa umat Katolik di negara-negara Amerika Selatan "terguncang" oleh skandal terbaru itu. "Tindakan tak bijak yang diakui secara terbuka oleh Uskup Ordenes tampaknya sangat serius," tambah Uskup Agung Goic.

Marco Antonio Ordenes merupakan anggota jajaran tertinggi klerus Gereja Katolik Cile yang dituduh pedofilia. Sebelumnya, Gereja Katolik negara itu telah meminta maaf terkait tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan 20 imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com