Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Angela Merkel ke Yunani Dijaga Ketat

Kompas.com - 09/10/2012, 10:37 WIB

ATHENA, KOMPAS.com - Pemerintah Yunani memberlakukan pengamanan ketat di Athena menjelang kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel ke negara itu pada hari Selasa (09/10).

Kunjungan Merkel ke Yunani merupakan yang pertama sejak krisis yang terjadi di zona Euro muncul tiga tahun lalu.

Polisi mengatakan telah mengerahkan sekitar tujuh ribu petugasnya untuk mengamankan kota itu selama kunjungan Merkel berlangsung.

Selain itu warga juga dilarang melakukan aksi unjuk rasa di sejumlah kawasan terterntu di Athena.

Polisi mengingatkan agar pengunjuk rasa melakukan aksinya dengan damai selama kunjungan Merkel.

"Kita meminta peserta unjuk rasa untuk menjaga kedamaian dan menjunjung masa depan negara ini serta menjaga citra negara kita di mata dunia internasional," kata Menteri Urusan Publik, Nikos Dendias.

Kunjungan Merkel berlangsung setelah sebelumnya pemerintah Yunani menyetujui pengetatan anggaran sebesar US$17 juta untuk bisa mendapatkan lebih banyak lagi bantuan keuangan bagi negara itu.

Penyebab pengetatan

Sejumlah pengamat mengatakan warga Yunani melihat Merkel sebagai pengusung ide pengetatan anggaran yang terjadi di negara itu.

Jerman merupakan negara yang memberikan bantuan uang paling besar untuk membantu Yunani, Editor BBC untuk masalah Eropa, Gavin Hewitt mengatakan dengan posisi tersebut maka Merkel paling bertanggung jawab untuk meminta Yunani melakukan pengetatan anggaran sebagai bagian pertukaran dari bantuan keuangan yang mereka terima.

Sementara itu menteri keuangan negara zona Euro kembali meningkatkan tekanannya kepada Yunani agar pemerintah negara itu segera menerapkan rencana reformasi anggaran mereka paling lambat tanggal 18 Oktober mendatang.

Penerapan rencana ini penting bagi Yunani jika mereka ingin mendapatkan bantuan keuangan berikutnya.

Kanselir Merkel sendiri akan berada di negara itu selama kurang lebih enam jam dan akan menggelar pembicaraan dengan Perdana Menteri Yunani, Antonis Samaras.

Wartawan BBC di Yunani mengatakan kunjungan Merkel ini membawa pesan simbolik yang menunjukan bahwa dia menginginkan agar Yunani tetap berada di dalam zona Euro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com