Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gabon "Rangkul" Bahasa Inggris

Kompas.com - 03/10/2012, 17:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Gabon bakal menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi kedua di samping bahasa Perancis. Menurut Juru Bicara Presiden Alain Claude, Bilie By Nze pada Rabu (3/10/2012), pihaknya akan memulai program itu di tingkat taman kanak-kanak. "Kebijakan itu sudah diputuskan," kata By Nze di Libreville.

Sejak mendapat kemerdekaan pada Agustus 1960, Gabon menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi. Negara di Afrika itu memang bekas jajahan Perancis. Negara-negara bekas jajahan Perancis memang dikenal sebagai "Francophonie" alias negara-negara yang tetap menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi.

"Tapi, saat Anda keluar dari komunitas itu dan Anda tidak bisa berbahasa Inggris, Anda pasti akan mendapat banyak kesulitan," kata By Nze sembari menambahkan kalau kebijakan itu sendiri tidak berniat memisahkan Perancis dengan komunitas tersebut.

Kenyataan lain, penulis-penulis Perancis juga mewartakan karyanya dalam bahasa Inggris. "Dalam konferensi internasional, diplomat-diplomat Perancis malahan berbicara dalam bahasa Inggris," imbuh By Nze sebagaimana warta AP dan AFP.

"Kalau orang-orang Perancis dalam pergaulan internasional berbicara dalam bahasa Inggris, kenapa orang-orang Gabon tidak melakukan hal yang sama?" kata By Nze menegaskan.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com