Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi Asia Akan Turun

Kompas.com - 03/10/2012, 11:08 WIB
Simon Saragih

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Setelah mencatatkan pertumbuhan ekonomi tinggi dalam beberapa tahun terakhir, Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan negara-negara berkembang di Asia akan mencatatkan penurunan pertumbuhan ekonomi pada 2012. Ini disebabkan pasaran untuk produk berorientasi ekspor mengalami penurunan.

Demikian pengumuman ADB di Bangkok, Rabu (3/10/2012) ini. ADB menyarankan agar ketergantungan pada pasar ekspor dikurangi.

ADB mengatakan, pertumbuhan ekonomi Asia, termasuk India, China, dan Indonesia, rata-rata turun dari 7,2 persen persen tahun lalu menjadi 6,1 persen pada tahun 2012. Pertumbuhan ekonomi pulih ke angka 6,7 persen pada tahun 2013.

Sebelumnya, ADB memperkirakan pertumbuhan ekonomi Asia sebesar 6,9 persen pada tahun 2012 dan 7,3 persen pada tahun 2013.

Pasaran AS dan Eropa kini sedang lesu karena itu ekspor dari Asia akan terpengaruh. "Kenyataan ini harus mendorong Asia mengembangkan permintaan domestik jika Asia terus ingin mencatatkan pertumbuhan ekonomi guna mengangkat status sosial ekonomi warga miskin," demikian dikatakan ekonom ADB, Changyong Rhee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com