Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Teracam Kekurangan Popok

Kompas.com - 02/10/2012, 10:25 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Dunia bisa menghadapi kelangkaan popok sekali pakai menyusul ledakan dan kebakaran di sebuah pabrik kimia di Jepang yang memasok seperlima dari ketersediaan popok di pasar global.

Ledakan tersebut, yang menewaskan seorang petugas pemadam kebakaran dan melukai 35 anggota tim penolong, terjadi setelah sebuah reaksi kimia menyebabkan kebakaran di pabrik yang dioperasikan Nippon Shokubai di kota Himeji, dekat Osaka di Jepang tengah, Sabtu (29/9/2012). Nippon Shokubai mengendalikan porsi terbesar dari pasar polimer, penyerap super di dunia yang digunakan dalam memproduksi popok.

Menurut perusahaan itu, yang menerima permintaan sangat tinggi, bahkan sebelum kebakaran tersebut, fasilitas produksinya diminta untuk beroperasi pada kapasitas penuh dan telah mengumumkan rencana untuk mendirikan pabrik di luar negeri. Pabrik di Himeji itu memproduksi 320.000 ton polimer penyerap super yang digunakan dalam memproduksi popok, lapor harian Sankei. Jumlah itu mencakup sekitar 20 persen dari pangsa pasar global.

Tekanan kini akan meningkat pada fasilitas-fasilitas produksi lain perusahaan itu guna memenuhi kekurangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com