Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Sydney Patroli dengan Porsche

Kompas.com - 21/09/2012, 09:49 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com- Polisi di kota Sydney mendapatkan pinjaman mobil Porsche seharga 200 ribu dolar (hampir Rp 2 miliar) sebagai bagian dari usaha mendekatkan polisi dengan masyarakat.

Porsche Panamera itu dipinjamkan kepada kantor polisi Harbourside, daerah sebelah utara dari Sydney Harbour Bridge. "Pemikiran di belakang usaha kami adalah guna mendekatkan diri kepada masyarakat," kata Superintendent Alan Sicard dalam pernyataan yang dimuat oleh situs smh.com.au

"Penggunaan mobil Porsche ketika ada acara kemasyarakatan, bazaar, atau acara sekolah, di mana digunakan untuk mencairkan keadaan, khususnya berbicara dengan anak-anak muda yang sering kali memiliki pandangan negatif terhadap polisi."tambah Sicard.

"Mobil Porsche ini memberikan kesempatan kepada kami berbicara dengan mereka di luar sistem hukum yang ada dengan harapan bisa memengaruhi mereka dan membuat mereka berkontribusi positif bagi masyarakat," tambahnya.

Porsche Cars Australia mengatakan akan meminjamkan mobil tersebut selama enam bulan lagi bila polisi merasa ada manfaatnya, dan juga bila mobil tersebut tidak cacat selama dipinjamkan. Perusahaan tersebut menambahkan bahwa tidak perlu latihan khusus bagi polisi guna mengendarainya.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, walau mahal, Porsche Panamera ini bukanlah salah satu jenis Porsche tercepat. Mobil ini memiliki mesin V6 yang sama dengan mesin Volkswagen, berkapasitas 3.6 liter.

Mobil ini bisa mencapai 100 km/jam dalam waktu 6.3 detik dan kecepatan maksimumnya 259 km/jam. Kecepatan ini hampir sama dengan Toyota Aurion, Ford Falcon dan Holden Commodore, dan lebih lambat dari mobil Porsche lainnya yang bisa mencapai 100 km dalam waktu 3 detik, dan kecepatan maksimum 300 km/jam.

Mobil polisi ini dilengkapi dengan lampu dan sirene namun tidak dipasang radar untuk mengecek kecepatan kendaraan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com