Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tutup Misi Diplomatiknya di Indonesia Besok

Kompas.com - 20/09/2012, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua misi diplomatik AS di Indonesia akan ditutup pada Jumat (21/9) besok di tengah  ancaman "demonstrasi signifikan" seusai salat Jumat terkait sebuah film anti-Islam, kata Kedutaan Amerika, Kamis.

Film berbiaya murah yang dibuat di AS, berjudul "Innocence of Muslims", itu telah memicu demonstrasi kemarahan di seluruh dunia Muslim, termasuk Indonesia di mana para demonstran pada hari Senin melemparkan bom molotov di luar kedutaan AS di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Misi diplomatik AS di Jakarta dan tiga kota lainnya akan ditutup pada Jumat besok "karena potensi demonstrasi yang signifikan yang mungkin akan diselenggarakan di depan fasilitas-fasilitas tersebut", kata Kedutaan AS dalam sebuah pernyataan.

"Kami menyarankan, seperti biasa, bahwa orang harus menghindari kerumunan besar dan pertemuan lainnya yang mungkin akan berubah menjadi kekerasan," tambah pernyataan itu.

Para pejabat mengatakan, 11 polisi dan pengunjuk rasa terluka dalam kerusuhan pada hari Senin itu.

Australia hari Kamis juga mengeluarkan peringatan keamanan kepada warga negaranya di Indonesia. Peringatan itu meminta warga Australia untuk senantiasa dalam waspada tinggi dan selalu awas.

Perancis juga telah bersiap-siap menghadapi masalah itu, dengan mengatakan bahwa kedutaan, konsulat, pusat kebudayaan dan sekolah internasional Perancis di sekitar 20 negara-negara Muslim akan tetap ditutup pada Jumat besok. Pengumuman tersebut muncul di tengah kekhawatiran akan adanya kekerasan sebagai pembalasan atas publikasi sebuah mingguan Perancis yang menampilkan kartun Nabi Muhammad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com