Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentaskan Drama Homoseksual, Produser Ditangkap

Kompas.com - 18/09/2012, 16:25 WIB

KAMPALA, KOMPAS.com - Seorang produser drama asal Inggris, David Cecil, dibebaskan dengan jaminan di Uganda sehubungan dengan dakwaan atas drama tentang homoseksual.

Dia ditangkap Kamis pekan lalu dengan tuduhan melanggar ketertiban hukum karena drama yang diproduksinya ditampilkan tanpa persetujuan pemerintah.

Drama berjudul The River and the Mountain berkisah tentang seorang pengusaha gay yang dibunuh bawahannya dan bulan lalu sempat dipentaskan di dua teater di ibukota Uganda, Kampala.

Koran Daily Monitor melaporkan bahwa Dewan Media Uganda sudah memperingatkan kepada pihak produser agar drama itu tidak dipentaskan sebelum mendapat lampu hijau dari pihak berwenang.

Naskah The River and The Mountain disusun penulis Inggris, Beau Hopkins, namun disutradarai dan diperankan warga Uganda.

RUU antihomoseksual

Jika terbukti bersalah maka Cecil akan diganjar hukuman penjara selama dua tahun.

Dia dibebaskan dengan jaminan senilai US$200 dan diperintahkan menyerahkan paspor serta melaporkan diri ke pengadilan pada tanggal 18 Oktober.

Pengacaranya, John Francis Onyango, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa kliennya berada dalam kondisi kesehatan yang baik selama ditahan.

Perilaku homoseksual tergolong melanggar hukum di Uganda dan kaum gay sering mendapat serangan fisik maupun pengasingan sosial dari masyarakat umum.

Awal tahun ini parlemen Uganda mulai membahas RUU antihomoseksual yang akan memberlakukan hukuman mati bagi orang yang terbukti melakukan perilaku homoseksual.

RUU itu diusulkan pada tahun 2009 namun belum pernah dibahas parlemen dan para anggota parlemen yang mendukung RUU menyatakan bahwa pasal ancaman hukuman mati bagi pelaku homoseksual sudah dicabut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com