Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Tak Tersinggung Cacian Clint Eastwood

Kompas.com - 03/09/2012, 10:36 WIB

DES MOINES, KOMPAS.com - Dalam Konvensi Partai Republik pekan lalu, Presiden Amerika Serikat Barack Obama menuai cacian dan kecaman dari para politikus partai tersebut. Salah satu yang paling mendapat perhatian publik Amerika adalah monolog yang ditampilkan aktor sekaligus sutradara legendaris Clint Eastwood.

Berdiri di balik podium, Eastwood berbicara kepada sebuah kursi kosong di sampingnya. Kursi itu diumpamakan sebagai Presiden Obama. Eastwood mengolok-olok Obama dan berbagai kebijakannya. Kata Eastwood, Obama gagal memenuhi janji kampanyenya.

Obama menanggapi cemoohan itu dengan santai. Dalam wawancara dengan harian USA Today di atas pesawat kepresidenan Air Force One, Minggu (2/9/2012), Obama menegaskan dia sama sekali tidak tersinggung dengan ucapan Eastwood.

"Satu hal tentang menjadi presiden atau mencalonkan diri jadi presiden (adalah) -- jika gampang tersinggung, mungkin Anda sebaiknya memilih profesi lain," jawab Obama.

Kecaman Eastwood tidak membuat Obama berhenti mengidolakan aktor yang pada masa mudanya dijuluki "Dirty Harry" karena perannya dalam film berjudul sama.

"Saya tetap penggemar berat Clint Eastwood. Dia aktor yang hebat, bahkan lebih hebat lagi sebagai sutradara. Menurut saya, beberapa film karya terakhirnya sangat bagus," kata Obama, dalam perjalanan kampanye di Iowa.

Obama tidak berniat "membalas" ulah aktor berusia 82 tahun itu pada Konvensi Partai Demokrat yang akan dilangsungkan di Charlotte, North Carolina, mulai Selasa (4/9/2012).

Meskipun demikian, tim kampanye Obama sempat membalas sindiran Eastwood dengan kursi kosongnya melalui akun Twitter-nya, @BarackObama, dengan memajang fotonya sedang duduk di kursi presiden, dan tulisan "The seat is taken".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com