Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Philippine Airlines Pesan 54 Airbus

Kompas.com - 28/08/2012, 12:52 WIB
Haryo Damardono

Penulis

MANILA, KOMPAS.com — Philippine Airlines (PAL) telah memesan 54 pesawat Airbus, dengan rincian 34 pesawat Airbus A321ceo, 10 pesawat Airbus A321neo, dan 10 pesawat Airbus A330-300. Pesawat-pesawat yang dibeli dalam rangka program modernisasi armada besar-besaran ini akan mulai dikirimkan pada 2013.

"Pemesanan yang kami lakukan terhadap Airbus akan menjadi peran kunci dalam program revitalisasi PAL serta pertumbuhan perdagangan dan pariwisata di negara ini," kata Chairman PAL Lucio Tan dan President PAL Ramon S Ang, Selasa (28/8/2012), dalam surat elektroniknya.

Pesawat berlorong tunggal Airbus A321 dibeli guna meningkatkan penawaran maskapai untuk rute domestik dan regional, serta mendukung kerja sama dengan maskapai mitranya. Adapun pesawat widebody A330 akan dioperasikan pada rute regional yang permintaannya lebih tinggi, dan pada rute yang berjarak lebih jauh, yakni ke Timur Tengah dan Australia. PAL akan mengumumkan jenis mesin yang dipilih untuk semua pesawatnya nanti.  

"Dengan pembelian pesawat-pesawat ini, kami mampu memberikan penawaran terbaik kepada para penumpang di seluruh jaringan Asia-Pasifik kami. Pada saat yang sama, kami juga akan mendapat keuntungan dari biaya operasional pesawat yang rendah yang kerap dikaitkan dengan pesawat generasi baru serta mengurangi dampak terhadap lingkungan," kata Ramon S Ang.

"Kami sangat senang karena Philippine Airlines telah mempercayai armada pesawat kami sepenuhnya untuk mengisi kebutuhan masa depan mereka," kata John Leahy, Chief Operating Office Customers Airbus.

Pengumuman ini sekali lagi menunjukkan popularitas armada pesawat Airbus A320 dan A330. "Pesawat-pesawat tersebut tetap menjadi pemimpin dalam kategori ukurannya, baik dalam hal ekonomi operasional, keandalan, dan kenyamanan penumpang," kata dia.

Airbus A321 adalah anggota terbesar dari armada terlaris  yakni A320, yang juga menawarkan biaya operasional paling rendah dibandingkan dengan lini produk pesawat berlorong tunggal lainnya.

Biaya ini akan semakin jauh berkurang dengan adanya pilihan mesin baru (NEO), yang menawarkan penghematan bahan bakar hingga 15 persen lebih tinggi. Sampai sekarang, lebih dari 8.500 pesawat A320 telah dipesan, dan lebih dari 5.200 unit telah dikirimkan ke 365 pelanggan dan operator di seluruh dunia.

Sementara itu, Airbus A330 adalah salah satu pesawat berbadan lebar yang paling banyak beroperasi saat ini. Airbus telah mencatat lebih dari 1.200 pesanan untuk berbagai macam versi pesawat tersebut. Sembilan ratus pesawat di antaranya kini diterbangkan oleh 90 operator di seluruh dunia. Selain pesawat penumpang dan kargo, Airbus A330 juga tersedia dalam jenis VIP dan transportasi militer atau varian tanker.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com