Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney: Kampanye Obama Memecah Belah AS

Kompas.com - 27/08/2012, 09:40 WIB

KOMPAS.com — Kandidat presiden dari Partai Republik, Mitt Romney, menuding rivalnya dari Partai Demokrat, Barack Obama, melakukan kampanye yang mengundang "kemarahan dan kebencian".

Dia mengatakan, kampanye Demokrat telah mencapai titik paling rendah karena berupaya mengaitkan dirinya dengan pandangan kontroversial tentang pemerkosaan yang baru-baru ini disuarakan oleh koleganya sesama politisi Partai Republik.

Sebelumnya politisi Republik, Todd Akin, mengatakan dalam sebuah wawancara televisi dua pekan lalu bahwa perempuan memiliki pertahanan biologis untuk mencegah kehamilan dalam kasus "pemerkosaan yang dilegitimasi" sehingga tidak perlu melakukan aborsi.

Komentar ini mengundang perdebatan publik AS bahkan sebagian kalangan di tubuh Partai Republik menuntut politisi itu mundur dari jabatannya. Romney sendiri tidak setuju dengan pendapat Atkin tentang persoalan tersebut.

Sementara itu, tim kampanye Obama dalam sejumlah kesempatan menuding Romney telah mengambil posisi ekstrem dalam sejumlah isu sosial.

Romney kemudian mengatakan apa yang coba dikembangkan oleh tim kampanye Obama sebagai sesuatu yang dapat menimbulkan kemarahan dan perpecahan.

"Saya bisa katakan itu merupakan kampanye yang mengandung kemarahan dan perpecahan," kara Romney yang merujuk pada wawancara kampanye Obama dengan stasiun TV Fox News pada hari Minggu (26/8/2012).

"Itu adalah salah satu upaya untuk melakukan perpecahan yang saya pikir rakyat Amerika sudah bisa mengetahuinya dan saya pikir itu merupakan salah satu alasan kenapa kampanyenya tidak mendapatkan reaksi yang mereka harapkan meskipun sudah menghabiskan banyak biaya dibanding kami."

Dalam sebuah wawancara pada pekan lalu, dia juga sudah menyampaikan ketidaksetujuannya dengan ucapan Atkin dengan mengatakan, "Ucapan Atkin telah menyakiti partai kami dan saya pikir itu telah menyakiti para perempuan."

Sementara itu, Partai Republik terpaksa menunda pembukaan konvensi Partai Republik di Tampa, Florida, karena ancaman badai tropis Isaac.

Konvensi yang agenda utamanya akan mengukuhkan Mitt Romney sebagai kandidat presiden partai konservatif itu diundur hingga Selasa (28/8/2012) esok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com