Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Buka Kembali Perlintasan Rafah

Kompas.com - 26/08/2012, 14:56 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Mesir memutuskan membuka kembali tempat penyeberangan perbatasan dengan Gaza yang lebih sering ditutup sejak serangan gerilyawan yang menewaskan 16 tentaranya 5 Agustus, kata kantor berita resmi MENA.

MENA melaporkan, Sabtu (25/8/2012), tempat pelintasan Rafah, satu-satunya jalan bagi warga Palestina yang tidak melewati Israel, akan dibuka kembali enam hari dalam seminggu, seperti sebelum serangan itu.

Mesir hanya mengizinkan sejumlah kecil warga Palestina menggunakan pelintasan itu untuk memasuki Gaza setelah serangan di Sinai yang menurut militer dilakukaan dibawah lindungan serangan mortir dari Gaza,

Serangan terhadap pos depan militer itu terjadi saat presiden Mesir Mohamed Mursi, sedang berusaha melakukan pendekatan dengan para penguasa Hamas di Jalur Gaza, yang memiliki hubungan tegang dengan pendahulunya, Hosni Mubarak.

Serangan terhadap militer Mesir memicu tindakan militer yang tidak pernah terjadi sebelumnya di Semenanjung Sinai, satu pangkalan bagi kelompok garis keras Islam yang diduga melancarkan serangan itu, dan satu tindakan keras diberlakukan dengan menutup terowongan-terowongan penyelundupan antara Mesir dan Gaza itu.

Para pejabat keamanan Sabtu mengatakan para teknisi militer telah menutup 120 terowongan sejak awal operasi itu.

Para pejabat Mesir menuduh sekitar 35 pria bersenjata yang menyerang pos tentara itu masuk melalui Gaza melalui jaringan terowongan-terowongan penyelundupan yang terdapat di perbatasan itu.

Tetapi para penguasa Gaza mengatakan tidak ada warga Palestina terlibat dalam serangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com