Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuh Osama bin Laden Menulis Buku

Kompas.com - 24/08/2012, 13:25 WIB
Simon Saragih

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Salah satu tentara AS pembunuh Osama bin Laden menulis buku tentang kehidupan militer. Di dalamnya akan dirinci salah satu misi serangan militer AS yang paling terkenal. Penulis menggunakan nama Mark Owen. Ini bukan nama sebenarnya. Namun yang jelas, si penulis turut menyaksikan langsung kematian Bin Laden.

No Easy Day: The Firsthand Account Of The Mission That Killed Osama Bin Laden adalah judul buku yang sudah dipromosikan Amazon.com dan beredar di publik pada 11 September mendatang. Peredaran buku ini diduga akan turut mempengaruhi pertarungan antara Presiden AS Barack Obama dan Mit Romney.

Si penulis sudah meninggalkan dinas militer setelah melakukan 13 kali serangan. Puncaknya adalah Operation Neptune Spear di Abbottabad, Pakistan, pada Mei 2011 yang bertujuan menyerang rumah Bin Laden.

Kevin Maurer, seorang wartawan, turut membantu penulisan buku tersebut. Owen mengatakan buku itu juga akan berisikan kisah para tentara penyerang, korban-korban yang dialami penyerang, pengorbanan yang mereka lakukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kotor. Diduga kuat, Gedung Putih turut membantu penulisan buku dengan memberi rincian informasi di balik serangan Bin Laden untuk keuntungan politik.

Gedung Putih tidak bersedia mengomentari peluncuran buku tersebut. Fox News memberitakan bahwa Owen sebenarnya adalah Matt Bissonnette, asal Alaska, berusia 36 tahun. Owen mengatakan tujuannya menulis buku itu adalah memberi inspirasi kepada kawula muda untuk meraih impiannya. Dikatakan juga, hasil penjualan buku itu akan disumbangkan ke yayasan penolong keluarga korban pasukan Navy SEALs yang gugur dalam tugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com