Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Makan dan Makanan Pemimpin Dunia

Kompas.com - 26/07/2012, 10:57 WIB
Simon Saragih

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama tidak akan bisa menahan selera untuk salad dari sayuran berwarna merah yang disebut "beetroot" dan "artichokes". Ini akan dia lahap saat disajikan di Istana Kepresidenan Perancis. Presiden Rusia Vladimir tetap tidak mau mengonsumsi makanan di luar menu yang rutin disajikan di dapur-dapur Kremlin.

Itulah bagian dari rahasia makanan dan cara makan para pemimpin dunia yang terungkap dalam pertemuan para koki, pelayanan menu untuk para pemimpin dunia dan orang-orang kuat sejagat. Para koki itu tergabung dalam "club des chefs des chefs", yang kini beranggotakan 20 orang.

Kelompok ini dibentuk 35 tahun lalu oleh Gilles Bragard, seorang koki terkenal. Bragard mengungkapkan bahwa Putin melanjutkan tradisi monarki abad pertengahan, yang selalu takut diracuni atau keracunan. Putin selalu enggan mengonsumsi menu jika belum dicoba oleh orang lain terlebih dahulu.

"Pengecap makanan (tasters) tetap berlaku, tetapi itu hanya berlaku di Kremlin, dimana seorang dokter selalu memeriksa setiap menu," kata Bragard kepada para wartawan, Rabu (25/7/2012), di Paris, sepekan menjelang pertemuan para koki dunia yang dijamu Presiden Perancis, Francois Hollande.

Pernyataan Bragard dikonfirmasikan oleh kepala bagian dapur Putin, Vakhtang Abushidi. Namun demikian ada banyak pemimpin lain yang selalu takut dengan menu yang tersaji di depan mereka. Anton Mosimann, seorang koki rutin yang dipakai untuk para ningrat Inggris, mengenang sebuah kunjungan seorang Presiden AS, yang namanya tidak disebutkan. Mosimann selalu dipantau oleh dua agen FBI, karena agen ini harus selalu terlebih dulu mencoba makanan sebelum disajikan ke Presiden AS itu.

Hal serupa juga kini dilakukan oleh Duchess of Cambridge, Kate Middleton, istri Pangeran William. Kate selalu ditemani seorang koki Swiss yang dia minta untuk mencoba semua makanan sebelum dia konsumsi. Mosimann juga mengenang selera makan mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher. Mantan PM ini harus selalu yakin bahwa daging sapi yang disajikan di Downing Street harus berkualitas dan prima. Namun pilihan mantan PM Inggris ini membuat setiap daging sapi yang dimasak pasti berharga sangat mahal.

Bernard Vaussion, koki di Istana Presiden Preancis selama 40 tahun, mengatakan Presiden Hollande suka sayuran. Ditambahkan, Hollande meminta kembali agar keju kembali disajikan setelah sempat disisihkan dari sajian karena pendahulunya mantan Presiden Nicolas Sarkoxy sangat tergila-gila pada coklat.

Cristeta Comerford, koki Gedung Putih, mengkonfirmasikan salad kesukaan Obama. Mungkin ini sehubungan dengan perintah Ibu Negara AS Michelle Obama, yang menginginkan anak-anak AS mengonsumsi buah dan sayuran.

Pangeran Monaco Albert II, menurut kokinya Christian Garcia, adalah pencinta makanan dengan bahan yang berasal dari negeri sendiri, terutama dari tanaman hasil kebun Istana Monaco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com