Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang 166 Km Melintasi Selat Florida

Kompas.com - 29/06/2012, 23:05 WIB
Pieter P Gero

Penulis

HAVANA, KOMPAS.com — Perenang marathon, Penny Palfrey, mencoba mencetak rekor dengan berenang melintasi Selat Florida sejauh 166 kilometer. Palfrey memulai aksi ini, Jumat (29/6/2012) pagi, dengan berenang dari pantai di Havana, Kuba, menuju Florida, Amerika Serikat (AS). Palfrey akan berenang tanpa alat bantu, termasuk alat pelindung dari kemungkinan serangan hiu.

Kantor berita AP, Jumat, melaporkan bahwa Palfrey melambaikan tangan kepada penonton sebelum terjun ke laut dengan suhu air relatif hangat di Havana. Palfrey berenang mengarah ke utara. Dia memperkirakan akan membutuhkan waktu 40 jam sampai 50 jam untuk melintasi Selat Florida.

Upaya berenang ini akan menguji daya tahan manusia berenang di laut lepas dengan gelombang dan arus relatif kuat. Perempuan ini akan berupaya mengatasi kelelahan fisik dan mental, kemungkinan dehidrasi, dan serangan dari binatang laut yang berbahaya seperti hiu.

Apabila sukses, maka Palfrey akan mencatat rekor sebagai perempuan pertama yang berenang melintasi Selat Florida, tanpa bantuan apa pun, termasuk berenang dalam kandang besi yang melindunginya dari serangan hiu. Meski demikian, Palfrey menggunakan sejumlah peralatan di sekitar dirinya, termasuk sensor elektrik yang akan mendeteksi adanya predator yang hendak mendekatinya.

Sebelumnya, Susie Maroney asal Australia, pada usia 22 tahun, berhasil melintasi Selat Florida pada tahun 1977. Hanya, ketika itu Susie berenang dalam kandang besi pelindung hiu.

Diana Nyad dari AS pernah mencoba berenang tanpa pelindung dari hiu, tetapi gagal berenang melintasi Selat Florida. Dia mencobanya lagi tahun lalu menjelang usia 62 tahun, tetapi gagal karena asamnya. Namun, Nyad betekad akan mencoba lagi upaya memecahkan rekor tadi pada musim panas ini.

Palfrey kini berusia 49 tahun, ibu dan juga nenek, lebih mudah satu dekade dibanding Nyad. Palfrey berenang mengenakan pakaian renang untuk olahraga, tetapi juga dengan pelindung pada kaki terhadap serangan ubur-ubur yang bisa mengganggu upayanya menaklukkan Selat Florida.

Saat malam hari, Palfrey tentu saja diawasi lebih dari belasan orang, yakni navigator, penolong, pendayung kayak, dan tenaga medis yang terus mengikutinya dengan kapal Sealuver sepanjang 13 meter. Tinggal 50 jam lagi, apakah akan ada rekor berenang menaklukan Selat Florida atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com