Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusuhan Sektarian di Myanmar, Tiga Orang Tewas

Kompas.com - 20/06/2012, 18:40 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

YANGON, KOMPAS.com -- Bentrokan berdarah bernuansa sektarian kembali pecah dan meminta korban jiwa di Myanmar. Tiga orang pemeluk Budha warga Desa Yathedaung, Rabu (20/6/2012), dilaporkan tewas dalam insiden yang terjadi di desa yang terletak 65 kilometer dari ibu kota Provinsi Rakhine, Sittwe.

Seperti diwartakan, kawasan barat Myanmar itu dilanda gelombang kerusuhan berdarah bernuansa sektarian, yang terjadi sepanjang dua pekan terakhir. Bentrokan terjadi antara warga pemeluk Budha dan Muslim Rohingya, yang menewaskan sedikitnya 60 orang, serta memaksa puluhan ribu warga mengungsi.

"Jumlah korban tewas bisa lebih banyak lagi. Kami belum mendapat rincian informasi soal apa yang terjadi dan pemicunya," ungkap seorang pejabat pemerintah di Sittwe.

Pemerintah daerah kesulitan menjangkau dan menghubungi desa itu lantaran hujan deras menghambat jalur transportasi, sekaligus mengganggu hubungan komunikasi ke sana.

Walau insiden berdarah terbaru kali ini kembali menghangatkan situasi, aparat pemerintah di Rakhine menyatakan situasi tetap berada dalam kontrol mereka. Pemerintah setempat menerapkan aturan darurat sejak sepekan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com