Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikhwanul Muslimin Klaim Menangi Pilpres Mesir

Kompas.com - 18/06/2012, 09:41 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Ikhwanul Muslimin (IM) mengklaim bahwa calon presidennya, Muhamed Mursi, telah memenangi pemilihan presiden Mesir,  yang berlangsung selama dua hari, 16 dan 17 Juni kemarin.

"Doktor Muhamed Mursi adalah presiden Mesir pertama hasil pilihan rakyat," demikian pernyataan Partai Kebebasan dan Keadilan, sayap politik Ikhwanul Muslimin, dalam akun Twitter-nya, Senin (18/6/2012)

Deklarasi itu dinyatakan setelah 95 persen suara dari 13.000 tempat pemungutan suara di seluruh Mesir dihitung. Jika benar, ini akan menjadi kulminasi dari perjuangan politik yang panjang dari gerakan yang pernah dilarang itu.

Menurut hitungan IM, sejauh ini Mursi memperoleh 52,49 persen suara sementara Shafiq mendapatkan 47,5 persen.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari rival Mursi, Ahmed Shafiq, yang pernah menjadi perdana menteri di era Hosni Mubarak. Pengumuman resmi hasil pemilu juga baru diumumkan secepatnya pada 21 Juni mendatang.

Sayangnya, pemilihan presiden ini dibayangi dengan keputusan Mahkamah Tinggi Konstitusi yang memutuskan membubarkan parlemen hasil pemilu parlemen akhir tahun 2011 dan 2012 karena penyelenggaraannya tidak konstitusional. Mahkamah memerintahkan digelar pemilu ulang untuk memilih parlemen baru.

Dengan putusan itu berarti kekuasaan legislatif kembali ke Dewan Agung Militer (SCAF) yang sempat bertugas mengawasi proses transisi Mesir setelah penggulingan Hosni Mubarak pada Februari 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com