Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norwegia Memesan Dua F-35 Pertama

Kompas.com - 15/06/2012, 23:29 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

OSLO, KOMPAS.com -- Norwegia memasukkan pesanan dua pesawat tempur F-35 Ligthning II pertamanya, Jumat (15/6/2012). Nantinya, jumlah pesanan Norwegia akan mencapai total 52 pesawat.

Menteri Pertahanan Norwegia Espen Barth Eide menyatakan, dua pesawat varian F-35A ini diharapkan jadi pada 2015 dan akan ditempatkan di Amerika Serikat (AS) dan akan digunakan untuk latihan pilot-pilot Norwegia. Persetujuan Parlemen Norwegia sudah diberikan hari Kamis.

Pesanan ini akan diikuti pemesanan 50 pesawat jet tempur generasi kelima tersebut pada 2017, dengan nilai total kontrak sebesar 60 miliar kroner (Rp 94,5 triliun). "Pesanan ini menandai tonggak sejarah penting dalam program F-35 Norwegia, dan menjadi awal dari program terbesar pengadaan negara dalam sejarah Norwegia," papar Eide.

Norwegia adalah salah satu mitra penyandang dana program Joint Strike Fighter (JSF) yang mengembangkan F-35. Pesawat berkemampuan stealth yang diproduksi Lockheed Martin dari AS itu juga turut dibiayai delapan negara lainnya, yakni Inggris, Kanada, Australia, Turki, Belanda, Denmark, Italiam, dan tentu saja AS sendiri.

Program pengembangan F-35 dihadapkan pada berbagai masalah teknis dan pembengkakan biaya yang membuat produksi skala penuh pesawat itu terus tertunda-tunda. Akibatnya, beberapa negara mitra JSF, seperti Italia dan Belanda, memutuskan memotong jumlah pesanan awal mereka. Sementara AS dan Australia memutuskan menunda pemesanan pesawat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com