Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Dukung Proposal Rusia

Kompas.com - 12/06/2012, 19:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Iran secara resmi menyatakan dukungannya terhadap proposal Rusia terkait penyelesaian konflik di Suriah. Menurut warta AFP pada Selasa (12/6/2012), Rusia meminta adanya penyelesaian internasional untuk mempercepat perdamaian di Suriah. "Kami mendukung semua cara untuk menumbuhkan dialog positif antara pemerintah Suriah dengan pihak oposisi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast.

Rusia mengajukan ide konferensi internasional membahas Suriah. Upaya itu menjadi pendukung program Utusan Khusus PBB untuk Suriah Kofi Annan. Konflik Suriah sudah berlangsung sejak 15 bulan silam. Menurut PBB, jumlah korban tewas sudah mencapai 14.000 orang.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sudah menekankan kalau Iran mesti mendapat porsi besar dalam membantu mencari jalan keluar kisruh Suriah. Dalam hal ini, kerja sama antara Iran, AS, Perancis, dan Inggris menjadi penting.

Sementara, Mehmanparast mengatakan, pihaknya tetap menekankan bahwa penyelesaian konflik Suriah tidak menyertakan intervensi asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com