Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Ancam Tembaki Kantor Media Korsel

Kompas.com - 05/06/2012, 11:51 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com — Militer Korea Utara mengancam akan menggelar sebuah serangan artileri ke sejumlah koordinat tertentu di kawasan Korea Selatan, yang diketahui sebagai kantor-kantor kelompok media massa konservatif di negeri itu.

Ancaman serangan itu menyusul sejumlah pemberitaan yang dilakukan media massa bersangkutan, yang dianggap telah menghina Korut dan kebijakan pemimpin barunya, Kim Jong Un. Peringatan dilontarkan pada Senin (4/6/2012). 

Sejumlah koordinat itu mengacu pada sedikitnya tujuh kantor media massa Korsel. Lebih lanjut dalam pernyataan yang dikeluarkan dari Staf Umum Angkatan Bersenjata Korut disebutkan, ancaman akan direalisasikan jika Seoul tidak segera meminta maaf lantaran dinilai ikut-ikutan menyuarakan "kampanye penghinaan jahat" terhadap sebuah festival yang digelar di Korut.

"Ancaman seperti ini terlalu serius untuk diabaikan," ujar juru bicara Kementerian Univikasi, Kim Hyung-suk, menanggapi ancaman yang disampaikan melalui kantor berita Korut (KCNA) itu.

Salah satu dari tujuh media massa Korsel yang diancam adalah jaringan stasiun televisi Channel A, yang memang berafiliasi dengan harian konservatif Dong-a Ilbo.

Dalam pemberitaannya, Channel A mendeskripsikan dan menyebut festival anak-anak yang digelar di Pyongyang sebagai "pertunjukan politik" bergaya Adolf Hitler.

Sebelumnya, sekitar 20.000 anak-anak Korut terlibat dalam sebuah festival yang digelar Pyongyang dalam rangka memperingati hari jadi ke-66 Serikat Anak-anak Korea. Dalam acara peringatan yang berlangsung enam hari sejak Minggu kemarin itu, anak-anak dibawa berkeliling Pyongyang dan dilibatkan dalam acara-acara budaya dan politik, mengunjungi kebun binatang, dan juga restoran-restoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com