Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Spanyol Dilego ke Perusahaan Setrum

Kompas.com - 26/05/2012, 19:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Bankia, bank keempat terbesar di Spanyol mulai terguncang. Pasalnya, pada Sabtu (26/5/2012), Presiden Bankia Jose Ignacio Goirigolzarri resmi meminta kepada pemerintah Spanyol dana talangan sebesar 19 miliar euro atau setara dengan 23,8 miliar dollar AS.

Rumor yang berkembang mengatakan, sebagaimana warta AP dan AFP, dana sebesar itu terbilang terlalu besar. Sementara, pemerintah Spanyol cuma memiliki dana terbatas lantaran gempuran krisis di zona euro. Kalau permintaan itu terealisasi, pemerintah Spanyol bakal meminta dana bantuan Uni Eropa. Hal itu berarti, utang pemerintah Spanyol bakan makin bertumpuk.

Sementara pada sisi lain, kemungkinan besar pula, saham Bankia bakal dilego ke dua perusahaan. Yang satu bernama Iberdrola, sebuah perusahaan pembangkit tenaga listrik. Yang satu lagi sebuah grup penerbangan internasional.

Kemarin, gara-gara permintaan dana talangan itu, perdagangan saham Bankia sudah ditutup. Sementara, peringkat BB+ dari lembaga pemeringkat Standard and Poor's untuk Bankia sudah melorot ke BBB-. Sementara kalangan mengatakan, peringkat ini menempatkan Bankia di kawasan "sampah".

Demi penghematan besar-besaran pula, Bankia sudah memecat 16 dari 18 direkturnya. Kini, Bankia sudah kehilangan fulus 2,98 juta euro. Padahal, tahun lalu, Bankia mengumumkan profit sebesar 309 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com