Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur Bank Vatikan Dipecat

Kompas.com - 25/05/2012, 11:49 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Vatikan menyatakan memecat Ettore Gotti Tedeschi dari jabatannya sebagai Kepala Bank Vatikan.

Dalam sebuah pernyataan, jajaran direktur bank secara mutlak menyatakan mosi tidak percaya terhadap Gotti Tedeschi. Disebutkan bahwa dia gagal "melakukan tugas utama yang penting," tapi tidak menjelaskan lebih rinci soal alasan pemecatan tersebut.

Jajaran direktur meyakini pemecatan Gotti Tedeschi dibutuhkan untuk "menjaga kekuatan bank".

Mereka sekarang mencari direktur baru untuk memperbaiki hubungan dengan komunitas keuangan internasional, "Berdasarkan penghormatan bersama untuk memenuhi standar perbankan internasional."

Gotti Tedeschi menolak berkomentar atas pemecatannya tersebut. Kepada wartawan, dia mengatakan, "Saya lebih baik tidak mengatakan apa pun, kalau tidak, saya akan berkata hal yang buruk."

Transparansi

Namun, kepada kantor berita Reuters, dia mengatakan, "Saya telah menanggung untuk transparansi saya".

Kebijakan pemecatan terhadap Tedeschi ini dikeluarkan di saat Moneyval, badan Komisi Eropa yang bertugas menangkal pencucian uang, bersiap untuk memeriksa apakah Bank Vatikan mencapai standar transaksi keuangan internasional atau tidak di awal bulan Juli.

Sejumlah catatan yang bocor awal tahun ini mengungkapkan adanya perbedaan di antara pejabat Vatikan terkait seberapa jauh bisa menjamin transparansi keuangan.

Bank Vatikan, yang dikenal sebagai Institute for Religious Works (IOR), dibuat saat Perang Dunia II guna mengurus rekening yang dipegang oleh sejumlah pemimpin keagamaan, kardinal, uskup, dan pastor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com