Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadilan Ukraina Tunda Dengarkan Tymoshenko

Kompas.com - 21/05/2012, 18:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pengadilan Ukraina menunda mendengarkan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko yang kini mendekam di penjara. Tymoshenko mendapat dakwaan penggelapan uang negara. Dakwaan itu sendiri sudah dikenakan sejak sebulan lebih. "Hakim akan merampungkan proses ini pada 25 Juni mendatang," kata hakim Kostyantin Sadovsky sebagaimana warta Xinhua pada Senin (21/5/2012).

Pengadilan sebelumnya juga batal mendengarkan Tymoshenko lantaran yang bersangkutan tidak dapat hadir di pengadilan. Kondisi kesehatan Tymoshenko, dalam kesempatan itu, memang tengah memburuk.

Yulia Tymoshenko mendapat kesempatan berobat keluar dari penjara di Kharkov, sebelah timur Ukraina. Tymshenko sendiri dijebloskan ke bui sejak Oktober 2011. Ia dianggap melakukan penyalahgunaan kekuasaan terkait kontrak gas antara Ukraina dengan Rusia.

Pada April 2012, pengadilan mendakwa Tymoshenko menyalahgunakan uang negara sebesar 405 juta dollar AS. Pengadilan juga mendakwa dia menhindari pembayaran pajak sebesar 87.000 dollar AS pada sekitar 1990.

Tymoshenko menolak segala dakwaan tersebut. "Ada motivasi politik di belakang dakwaan terhadap diri saya," katanya suatu ketika.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com