Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duta Reggae Indonesia Angkat Isu Antirasis

Kompas.com - 20/05/2012, 07:03 WIB

LONDON, Kompas.com - Duta Reggae Indonesia (Indonesia Reggae Ambassador), Ras Muhamad, mengangkat isu anti rasisme dalam penampilannya di Oslo, bertepatan dengan peringatan hari nasional di mana Norwegia mendeklarasikan konstitusinya.

"Saya merasa sangat bangga bisa pentas lagi di Oslo mengangkat nama Indonesia, budaya dan karya-karya putra bangsa di hadapan penonton di Oslo," ujar Ras Muhamad kepada Antara London, Minggu (20/5/2012).

Ras, yang tampil di panggung kehormatan berhasil menghipnotis masyarakat Norwegia yang tengah merayakan Hari Konstitusi Norwegia di Taman Kuba/Kuba Parken di kota Oslo-Norwegia baru-baru ini.

Menurut Ras, yang beribukan seorang diplomat, penampilannya di Oslo merupakan keempat kalinya ia mentas di Norwegia. Pada tahun 2008, Ras mendapat kesempatan tampil dalam tiga kali pertunjukkan dengan Kasimba dan Admiral P dedengkot Reggae Norwegia.

"Saya juga berkolaborasi dengan Admiral P di lagu 'Wicked again' yang dirilis 2009 dalam bentuk album kedua saya, Next Chapter," ujarnya.

Sekitar kurang lebih sejam Ras dan Kasimba/Ras Steven tampil bersama di Norwegia. Dalam penampilannya itu, Ras mengangkat isu anti-rasisme, dengan membawakan lagu No More Violence, lagu soal anti-kekerasan dan anti-rasisme.

"Alhamdulillah, penonton sangat responsif dan bisa menghargai lagu-lagu yang saya bawakan walau sebagian besar dalam bahasa Indonesia mereka tetap berjoget dan  menikmati alunan musik reggae yang saya persembahkan," ujar pria kelahiran Jakarta ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com