Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

49 Mayat Tanpa Kepala Dibuang di Jalan Raya

Kompas.com - 14/05/2012, 09:37 WIB

MONTERREY, KOMPAS.com — Empat puluh sembilan tubuh yang terpotong ditemukan tercecer di sebuah jalan raya yang menghubungkan Kota Monterrey dengan perbatasan Meksiko dengan Amerika Serikat.

Mayat-mayat itu ditemukan oleh patroli militer pada Minggu (13/5/2012) tengah malam, menurut pejabat negara bagian Nuevo Leon. Ada yang dimasukkan ke dalam kantong sampah, tetapi ada pula yang tercecer di jalanan, seperti dibuang begitu saja dari truk sampah. Semua mayat itu ditemukan tanpa kepala, tangan, dan kaki, seperti dilaporkan The Washington Post, Senin (14/5/2012).

Sebuah coretan yang ditinggalkan di antara mayat-mayat itu merupakan pesan dari geng narkotika Zeta yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu, kata Jorge Domene, juru bicara pemerintah negara bagian.

Pesan itu juga berisi ancaman terhadap pemerintah dan pesaing utama Zeta, kartel Gulf dan bos kartel Sinaloa, Joaquin "El Chapo" Guzman.

Pesan itu ditandatangani oleh para pemimpin utama Zeta, Miguel Angel Trevino Morales alias "Z-40" dan Heriberto "El Lazca" Lascano Lazcano, ungkap Domene.

"Benar-benar tindakan barbar," kata Domene, seperti dikutip The Post.

Semakin dekatnya pemilihan presiden Meksiko, yakni tujuh pekan mendatang, kekerasan mafia narkotika tampaknya terus meningkat.

Pekan lalu, 18 tubuh yang terpotong-potong ditemukan di dalam sebuah mobil di jalan raya dekat Guadelajara, kota terbesar kedua di Meksiko. Media lokal mengatakan, banyak korban yang sama sekali tidak terkait perdagangan narkoba.

Zeta juga mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan-pembunuhan itu. Menurut geng itu, pembunuhan itu merupakan pembalasan atas pembunuhan terhadap 23 anggota mereka di kota perbatasan Nuevo Laredo, bulan ini.

"Semua itu merupakan bagian dari strategi untuk mendapatkan perhatian," kata Javier Trevino, mantan wakil gubernur Nuevo Leon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com