Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI-Arab Saudi Sepakat Isu Perlindungan Warga

Kompas.com - 09/05/2012, 09:21 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengklaim bahwa dirinya dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Saud Al-Faisal telah sepakat memberi perhatian khusus pada isu perlindungan terhadap warga Indonesia di sana.

Kedua belah pihak, menurut Marty, sama-sama punya pandangan serupa tentang pentingnya mekanisme pemantauan, yang secara reguler membahas berbagai aspek perlindungan warga negara di tiap-tiap negara.

Semua itu dicapai dalam pertemuan Marty dan Al-Faisal, Selasa kemarin, seperti disampaikan dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Rabu (8/5/2012). Marty menghadiri kunjungan kerja atas undangan Pemerintah Arab Saudi.

Lebih lanjut, Marty juga menyebut dirinya datang dengan membawa surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk Raja Abdullah, yang intinya berisi dua persoalan.

"Pertama, ucapan terima kasih atas pengampunan yang diberikan kepada para WNI yang terancam hukuman mati, baik dalam kasus pidana umum. Juga atas perpanjangan waktu pada 4 WNI yang juga terancam vonis mati dalam kasus pidana khusus," ujar Marty.

Perpanjangan waktu tadi memberi kesempatan bagi keempat WNI untuk bisa melakukan upaya-upaya mendapat pemaafan dari keluarga dan ahli waris korban. Perpanjangan waktu itu, tambah Marty, adalah respons Raja Abdullah kepada surat yang dikirimkan Presiden Yudhoyono pada 5 Maret 2012. 

"Diplomasi selalu dilakukan untuk memberi perlindungan maksimal kepada WNI di Arab Saudi," ujar Marty.

Lebih lanjut, inti persoalan kedua yang disampaikan dalam surat Presiden Yudhoyono adalah terkait harapan agar kedua negara terus meningkatkan hubungan dalam bentuk kemitraan yang komprehensif dan strategis.

Potensi besar yang dimiliki kedua negara diyakini bisa memberi kontribusi penting dalam menciptakan dunia yang lebih aman, stabil, dan sejahtera.

Kedua menlu juga membahas perkembangan mutakhir di masing-masing kawasan dan berbagai isu global lain, termasuk perkembangan terakhir di Palestina, Suriah, dan kawasan Timur Tengah pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com