Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pernikahan Dini" di India Dibatalkan

Kompas.com - 26/04/2012, 14:28 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pernikahan seorang perempuan muda yang terjadi di masa anak-anak dibatalkan secara hukum, kasus ini disebutkan merupakan yang pertama di India.

Laxmi Sargara, 18 tahun, penduduk negara bagian utara Rajasthan India menikah dengan Rakesh ketika dia seorang diri dan laki-laki itu berada ditempat yang sama.

Dia tumbuh dalam lingkungan keluarganya sendiri, dan baru mengetahui dia telah menikah dengan seseorang, ketika saudara iparnya datang untuk menjemputnya bulan ini.

Pernikahan anak-anak dilarang di India, tetapi masih terjadi di sejumlah wilayah negara itu, terutama di pedesaan dan komunitas miskin.

"Saya tidak bahagia mengenai pernikahan itu. Saya mengatakan kepada orangtua yang tidak sependapat dengan saya, kemudian saya meminta bantuan," kata Laxmi kepada Agence France Presse (AFP).

Dia tidak mengetahui mengenai pernikahannya sampai beberapa hari lalu, ketika keluarga mempelai laki-laki akan menjemputnya untuk memulai hidup baru sebagai istri Rakesh.

Tertekan

Setelah mengajukan gugatan kepada orangtuanya, Laxmi meminta bantuan kepada sebuah Organisasi Non Pemerintah Sarathi Trust di kota Jodhpur.

"Dia merasa tertekan. Dia tidak suka dengan laki-laki itu dan tidak siap untuk menjalani keputusan orangtuanya," kata Kriti Bharti dari Sarathi Trust kepada AFP.

Rakesh hanya sepakat dengan pembatalan setelah konseling.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com