Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Iran dan Indonesia Meningkat

Kompas.com - 23/04/2012, 11:52 WIB
M Nasir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hubungan persahabatan dan persaudaraan antara Republik Islam Iran dan Republik Indonesia semakin meningkat dalam hal politik, ekonomi, dan budaya, yang didasarkan kepada sikap saling pengertian dan hubungan persaudaraan yang sangat bersejarah.

"Kedua negara tidak pernah gagal untuk saling mendukung apabila waktunya telah tiba," kata Kolonel Mohammad Reza Rafiee, Atase Militer Iran, dalam pidatonya memperingati Hari Ulang Tahun Angkatan Darat Republik Islam Iran di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (20/4/2012) malam.

Di Jakarta, Kedutaan Besar Republik Islam Iran memperingati hari jadi ke-33 Angkatan Darat Iran, yang pada tahun ini jatuh pada 17 April.

Duta Besar Iran Mahmoud Farazandeh dan Mohammad Reza Rafiee serta para deplomat Iran lainnya, menerima ucapan selamat hari jadi angkatan darat Iran. Sejumlah atase militar dari negara-negara Asia dan Afrika, turut menghadiri acara tersebut.

"Kami yakin bahwa hubungan persahabatan antara Republik Islam Iran dengan Republik Indonesia, juga antara angkatan bersenjata kedua negara akan semakin erat dan dapat lebih ditingkatkan di masa yang akan datang," kata Mohammad Reza Rafiee.

Menurut Reza, sepanjang catatan sejarah, Iran tidak pernah memulai sebuah peperangan tetapi membela dan mempertahankan dengan gagah berani atas segala ancaman atau serangan terhadap bangsa.

Ancaman perang yang dipaksakan, embargo persenjataan dan berbagai sanksi lainnya terhadap militer Iran, dijadikan sebagai motivasi dan sebuah peluang untuk mengembangkan kemampuan di berbagai bidang.

Hal ini memicu keberhasilan dalam mencapai kemandirian dalam mengembangkan teknologi modern persenjataan konvensional dan amunisi, meningkatkan pengetahuan ilmiah, taktik, dan tehnik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com