Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejahatan Polisi Rusia Berlebihan

Kompas.com - 19/04/2012, 14:10 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Polisi yang sebenarnya menjadi pelindung dan pelayan masyarakat ternyata lebih banyak justru melakukan pelanggaran atas masyarakat. Kondisi polisi ini juga terjadi di Rusia.

Pemerintah Rusia kini membentuk sebuah gugus tugas yang akan melakukan pengusutan atas aksi kriminal yang dilakukan polisi di Rusia yang kian menjadi-jadi.

Kelapa Komite Penyelidikan, Alexander Bastrykin, sebagaimana dikutip kantor berita AP, Kamis (19/4/2012) di Moskwa telah menandatangani dektrit yang mendorong dibentukan sebuah badan khusus yang akan mengusut dan mengungkapkan kejahatan yang dilakukan polisi Rusia.

Kepemimpinan badan ini akan sangat independen dari pihak kepolisian dan otoritas lokal. Badan ini juga melaporkan hasil kerjanya langsung ke Bastrykin.

Langkah pembeentukan badan khusus pengusutan kejahatan polisi ini menyusul sejumlah keluhan publik menyangkut sejumlah kasus pembunuhan, penyiksaan, pemukulan dan sejumlah tindakan penyalahgunaan yang dilakukan polisi Rusia di seluruh negeri itu dalam beberapa tahun ini.

Para korban dan kelompok-kelompok hak asasi manusia menegaskan, reformasi polisi Rusia yang dilakukan Presiden Rusia Dmitry Medvedev hanya menghasilkan perubahan kecil pada citra kepolisian. Kepolisian di Rusia berada deibawah Kementerian Dalam Negeri.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com