Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Jerman Diduga Bawa Senjata ke Suriah

Kompas.com - 14/04/2012, 22:15 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com -- Salah satu perusahaan pelayaran Jerman menghentikan salah satu kapal miliknya setelah mendapat bocoran informasi bahwa kapal tersebut membawa paket senjata dari Iran ke Suriah. Demikian dilaporkan laman majalah mingguan berita Der Spiegel, Sabtu (14/4/2012).

Kapal bernama Atlantic Cruiser itu dilaporkan dihentikan sekitar 80 kilometer sebelum memasuki pelabuhan Tartus, Suriah, Jumat (13/4/2012). Pihak perusahaan yang menangani barang muatan kapal itu mengatakan, kapal tersebut secara resmi dilaporkan membawa pipa dan berbagai peralatan permesinan.

Kapal itu milik perusahaan pelayaran Bockstiegel yang bermarkas di kota Emden, Jerman. Saat ini, kapal tersebut sedang disewa oleh perusahaan Ukraina bernama White Whale Shipping.

Menurut bocoran yang diterima Bockstiegel, kapal tersebut diisi muatan senjata dari Iran di pelabuhan Djibouti. Tidak disebutkan bagaimana nasib kapal tersebut saat ini. Menurut Der Spiegel, kapal tersebut sempat menuju pelabuhan Iskenderun di Turki.

Iran dijatuhi sanksi embargo senjata oleh PBB pada 2007 sebagai hukuman atas program nuklirnya yang diduga bertujuan membuat bom nuklir. Sementara Suriah mendapat sanksi embargo senjata dari negara-negara Barat karena aksi kekerasan terhadap para demonstran antipemerintah sejak tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com