Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil di Nigeria, 38 Orang Tewas

Kompas.com - 09/04/2012, 09:35 WIB

Sedikitnya 38 orang tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka ketika sebuah bom mobil meledak di kota Kaduna, Nigeria Utara. Ledakan di kawasan ramai yang dipadati restoran dan hotel itu terjadi ketika para petugas keamanan menghentikan sebuah mobil yang mengarah ke sebuah gereja yang tengah menggelar kebaktian Paskah.

Saksi mata mengatakan serpihan logam dan puing-puing terlontar hingga belasan meter dari pusat ledakan. Sebagian besar korban tewas adalah pengemudi ojek dan pengemis yang berada di sekitar kawasan itu.

Kepala Kepolisian Kaduna Jinjiri Abubakar mengatakan polisi tengah mengejar sebuah mobil ketika mobil itu bertabrakan dengan mobil lain dan meledak.

Menurut para penduduk di sekitar lokasi ledakan, mobil itu melaju menuju gereja saat mobil itu terhalang pembatas jalan dan kemudian dikejar polisi.

"Mobil berisi peledak itu melaju menuju Gereja ECWA dan Dewan Nasional Kristiani," kata Tony Udo seorang warga Kaduna kepada Reuters. "Pasukan keamanan menghalangi mobil itu dan ketika mobil itu menjauh terjadi ledakan di dekat bundaran stadion dan menewaskan para pengemudi ojek," tambah Tony.

Peringatan

Ledakan itu mengagetkan umat Kristen yang tengah mengikuti kebaktian Paskah di gereja yang menjadi target peledakan. "Kami tengah dalam prosesi perjamuan suci saat kami mendengar ledakan keras yang mengguncang kaca dan pintu gereja, menghancurkan sejumlah kipas angin dan beberapa bagian gereja," kata Pastor Joshua Raji.

Sejauh ini belum ada satu organisasipun yang mengaku bertanggung jawab atas tragedi itu namun tudingan jatuh ke Boko Haram, kelompok militan yang telah memperingatkan rencana serangan pada hari Paskah.

Kaduna terletak tepat di perbatasan yang memisahkan wilayah Nigeria Selatan yang didominasi umat Kristen dan wilayah Utara yang didiami penduduk mayoritas Muslim.

Kawasan ini telah menjadi daerah konflik antar agama dalam beberapa tahun terakhir dan menewaskan ratusan orang.

Beberapa jam setelah ledakan di Kaduna, sebuah bom juga meledak di kota Jos yang mencederai beberapa orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com