Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Perancis Kembali Tangkap Terduga Teroris

Kompas.com - 04/04/2012, 15:37 WIB

Kepolisian Perancis melakukan penggerebekan di sejumlah kota untuk mencari anggota kelompok militan setelah peristiwa penembakan Mohamed Merah.

Dalam penggerebekan di Marseilles, Roubaix, Carpentras dan beberapa lokasi lain, polisi menahan sedikitnya 10 orang terduga anggota kelompok militan.

Pekan lalu, polisi juga melakukan penggerebekan dan menahan 13 orang tersangka.

Tingginya intensitas operasi kepolisian ini tak lepas dari sumpah Presiden Nicolas Sarkozy yang berjanji akan menumpas terorisme di Perancis usai tragedi Mohamed Merah.

"Pemberantasan kelompok radikal Islam akan terus digelar hingga kami berhasil mengusir orang-orang yang tak memiliki alasan berada di Perancis keluar dari negeri ini," kata Sarkozy yang akan menghadapi pemilihan presiden bulan ini.

Hingga perbatasan

Penggerebekan yang dilakukan pada Rabu (4/4/2012) ini dipusatkan di wilayah selatan dan tenggara Perancis, terutama di Marseilles. Demikian dilaporkan kantor berita AFP.

Operasi penggerebekan juga digelar hingga ke kota Roubaix, di dekat perbatasan dengan Belgia.

Operasi ini digelar kurang dari sepekan setelah penyergapan sejumlah orang yang diduga terkait dengan kelompok radikal Forsane Alizza yang dilarang bulan lalu.

Namun, polisi masih berhati-hati mengkaitkan penggerebekan ini dengan operasi penangkapan Mohamed Merah di Toulouse.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengumumkan telah mengusir lima orang ulama radikal sebagai bagian dari pembersihan kelompok radikal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com