Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Menang Lagi di Tiga Negara Bagian

Kompas.com - 04/04/2012, 11:18 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney kembali mencetak kemenangan besar, dalam rangkaian pemilihan pendahuluan calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Selasa (3/4/2012) waktu AS.

Romney menang di tiga negara bagian sekaligus, yakni Maryland, Wisconsin, dan District of Columbia, tempat ibu kota Washington DC berada.

"Terima kasih Wisconsin, Maryland, dan Washington DC. Kami memenangi semua. Sungguh malam yang hebat!" seru Romney dalam pidato kemenangan di Milwaukee, Wisconsin.

Dengan kemenangan ini, Romney telah mengumpulkan lebih dari separuh jumlah delegasi minimum yang dibutuhkan untuk terpilih sebagai capres definitif Partai Republik.

Laman RealClearPolitics mencatat, Romney telah menang di 24 pemilihan pendahuluan dari total 37 pemilihan yang telah digelar sejauh ini. Perolehan delegasinya sudah mencapai 625 delegasi. Jumlah minimum yang dibutuhkan adalah 1.144 delegasi.

Pesaing terdekat Romney, mantan Senator Rick Santorum, baru mengumpulkan tak sampai separuh dari perolehan Romney.

Meski demikian, baik Santorum maupun rival Romney yang lain, yakni mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich dan anggota DPR AS asal Texas, Ron Paul, tetap tidak mau keluar dari perlombaan. Gingrich berjanji akan terus berjuang sampai konvensi nasional Partai Republik di Tampa, Florida, Agustus mendatang.

Romney sendiri, yang merasa sudah pasti terpilih sebagai capres Republik, mulai menggeser isi kampanyenya dengan langsung menyerang Presiden Barack Obama. Obama menjadi capres tunggal dari Partai Demokrat dan mengincar masa jabatan kedua pada pemilihan presiden 6 November nanti. (AFP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com