Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tari Saman SMP Bhakti Mulya Pukau Warga Adelaide

Kompas.com - 29/03/2012, 09:21 WIB

ADELAIDE, KOMPAS.com- Tari Saman dari Aceh yang ditampilkan 12 pelajar SMP Bhakti Mulya 400, Lebakbulus, Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2012) malam, berhasil memukau ratusan warga Adelaide, Australia. Mereka tidak tampil di panggung, namun di pusat perbelanjaan utama Adelaide, Rundle Mall. 

Para pelajar yang semuanya putri yang duduk di kelas 7 dan 8 itu  sedang berada di Adelaide dalam rangka study tour dan berada di Rundle Mall guna mempromosikan Indofest, festival budaya Indonesia yang akan berlangsung hari Minggu (1/4) di Rymill Park.

"Mereka berada di Rundle Mall tampil dua kali, dari jam 12 sampai jam 2 siang," kata Rini Budiyanti dari PT Pengembangan Potensi Indonesia (PPI), pihak yang mendatangkan para pelajar tersebut ke Australia.

Cuaca Adelaide, yang walau sudah memasuki musim gugur namun masih hangat, membuat para pelajar SMP Bhakti Mulya ini bisa tampil di luar ruangan guna memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Adelaide.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, para pelajar tersebut juga mengunjungi beberapa sekolah di Adelaide, yang mengajarkan bahasa Indonesia. Tiga sekolah yang mereka kunjungi adalah Mt Compass Area School, Pilgrim, dan Mercedes College.

"Mereka di sana juga memperkenalkan tari saman, dan kemudian berinteraksi dengan murid-murid di sekolah dalam bahasa Indonesia." tambah Rini lagi.

PPI kerap menjadi perantara bagi sekolah-sekolah ataupun murid-murid asal Indonesia yang ingin mengunjungi Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com