Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Bersiap Hadapi Roket Korut

Kompas.com - 23/03/2012, 14:29 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Jepang,  Jumat (23/3/2012), memerintahkan persiapan sistem pertahanan rudal agar militer dapat menembak jatuh satu roket Korea Utara jika mengancam negara itu.

"Saya telah memerintahkan para pejabat menggelar PAC-3 dan kapal-kapal perang klas Aegis," kata Menteri Pertahanan Naoki Tanaka kepada wartawan mengacu pada rudal-rudal permukaan ke udara dan kapal-kapal perusak yang membawa rudal-rudal.

"Kami akan melakukan perundingan dengan pemerintah-pemerintah setempat terkait penggelaran itu," tambahnya.

Rudal-rudal pencegat permukaan ke udara akan digelar di gugusan pulau Okinawa, Jepang selatan, tetapi setiap perintah untuk menembak jatuh roket Korut itu terlebih dulu harus mendApat persetujuan Perdana Menteri Yoshihiko Noda.

Korut yang memiliki senjata nuklir itu mengumumkan akan meluncurkan satu roket bulan depan untuk menempatkan satu satelit di orbit, satu tindakan yang Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya anggap sebagai satu dalih bagi uji coba rudal jarak jauh. Para pejabat Jepang mengatakan proyektil itu mungkin melewati Okinawa.

Persiapan-persiapan Jepang, yang secara reguler jadi target kecaman Korut, dilakukan saat para pemimpin dunia termasuk Presiden AS Barack Obama berada di Seoul pekan depan untuk menghadiri KTT nuklir, yang secara resmi dipusatkan pada terorisme nuklir. Tetapi program nuklir Korut juga diperkirakan akan dibicarakan di sela-sela perundingan-perundingan itu.

Pada tahun 2009 Jepang memerintahkan persiapan yang sama pertahanan rudal sebelum Pyongyang meluncurkan roket jarak jauh nya, yang dikecam Dewan Keamanan PBB dan memperketat sanksi-sanksi terhadap negara komunis itu.

Roket itu, yang menurut Korut juga bertujuan menempatkan satu satelit dalam orbit, melewati wilayah Jepang tanpa insiden atau usaha untuk menembak jatuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com