Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F-16 AU AS Jatuh di Korsel

Kompas.com - 21/03/2012, 23:17 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — Sebuah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik Angkatan Udara Amerika Serikat jatuh di bagian selatan Korea Selatan, Rabu (21/3/2012), dalam sebuah misi latihan. Pilot dilaporkan selamat karena mengaktifkan kursi pelontar.

Pernyataan resmi militer AS menyebutkan, pesawat tersebut jatuh di sawah dekat pangkalan AS di kota Gunsan, sekitar tengah hari waktu setempat (10.00 WIB). Pilot berhasil meloncat keluar dengan selamat sebelum pesawat jatuh. Tim tanggap darurat sudah berada di lokasi jatuhnya pesawat.

Juru bicara AU AS menambahkan, tak ada korban atau kerusakan serius yang terjadi di darat sebagai akibat jatuhnya pesawat itu. Juru bicara tersebut tidak menyebutkan penyebab jatuhnya pesawat.

Sebelumnya, seorang petugas pemadam kebakaran di wilayah Seocheon, dekat Gunsan, melaporkan, pilot pesawat yang jatuh terluka dan dibawa pergi dengan ambulans. Namun, petugas ini salah mengidentifikasi pesawat sebagai pesawat penghancur tank A-10 Thunderbolt II.

Kecelakaan ini terjadi saat AS dan Korsel sedang menggelar latihan militer bersama rutin yang bernama latihan Foal Eagle, mulai dari 1 Maret hingga 30 April. Namun, tidak jelas apakah F-16 yang jatuh ini merupakan bagian dari latihan bersama tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com