Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Pilot Pakistan Tewas

Kompas.com - 08/02/2012, 16:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Satu orang pilot Angkatan Udara (AU) Pakistan tewas saat berlatih di wilayah barat daya Provinsi Baluchistan. Pilot itu menerbangkan pesawat latih  F-7PG buatan China. Komandan AU Anis Mirza mengemukakan hal itu kepada AFP,  Rabu (8/2/2012).

Mirza memaparkan, pesawat naas itu mengalami kecelakaan di Distrik Pishin. Lokasi itu terletak sekitar 65 kilometer utara ibu kota Baluchistan, Quetta. ”Kami tengah melaksanakan investigasi mengenai kejadian itu,” katanya.

Kecelakaan maut itu adalah kali keempat selama latihan terbang tiga bulan silam. Kecelakaan juga pernah terjadi pada Juni 2011. Waktu itu sebuah pesawat militer jatuh dan menewaskan dua pilotnya, sementara kecelakaan lain menewaskan empat personel militer.

Pakistan menggunakan pesawat tempur buatan China, seperti F-7PG dan A-5. Pakistan juga memakai pesawat buatan Amerika Serikat, F-16. Pesawat buatan Perancis, Mirage, juga termasuk dalam jajaran AU Pakistan.

Saat ini Pakistan masih menantikan kehadiran pesawat tempur hasil produksi dengan China, yakni JF-17. Pesawat ini tergolong pesawat tempur teknologi medium.  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com